Pantai Manggar “Segara Sari”: Wisata Pantai Favorit di Balikpapan

Pantai Manggar “Segara Sari” memiliki nama asli Pantai Segara Sari, namun masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Pantai Manggar. Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia, sekitar 9,5 Km dari Bandara Internasional Sepinggan atau sekitar 20 Km dari pusat kota.

Pantai ini memiliki luas 13.000 m2 dengan air laut yang jernih, pasir yang putih, dan memiliki ombak yang cukup tenang. Bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya, pantai ini merupakan tempat yang nyaman untuk rekreasi keluarga. Karena letaknya yang berada di tengah-tengah, pada akhir pekan, pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang berasal dari Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara.

Akses dari pinggir jalan raya menuju ke area Pantai Manggar “Segara Sari” sudah bagus. Fasilitas yang tersedia pun dukup lengkap, mulai dari berjejernya warung-warung, pusat souvenir, fasilitas olahraga air seperti jet ski,¬†banana boat, dan kapal karet, hingga area parkir yang luas.

Selain itu terdapat juga musholla,¬†toilet umum,¬†sarana bermain anak “children play ground”, dan panggung terbuka. Dihari-hari besar dan hari-hari tertentu diadakan pertunjukan baik budaya ataupun kreatifitas di panggung terbuka ini.¬†Berbeda dengan¬†Pantai Lamaru¬†yang dikelola oleh swasta, pantai ini dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Pantai Manggar “Segara Sari” dibuka untuk umum mulai pukul 06.00 ‚Äď 18.00 WITA setiap harinya. Untuk dapat memasuki area pantai ini, setiap pengunjung harus membayar uang retribusi sebesar Rp2.000,00 (anak-anak), Rp3.000,00 (dewasa), Rp2.500,00 (kendaraan roda dua ), dan Rp10.000,00¬†(kendaraan roda empat). Itu info yang¬†gue¬†dapat setelah meninggalkan pantai, soalnya pas¬†gue¬†kesana¬†ga¬†diminta uang sepeser pun, mungkin karena¬†gue¬†kesana bukan pas akhir pekan kali ya, tapi tetap aja¬†gue¬†salah. Maap yak. ūüôĀ

Karena hari sudah semakin panas, kalau ga salah sih sekitar jam 12.30 WITA, gue pun mengajak bapak tukang ojeg, yang malah asyik ngobrol sama cewek-cewek, untuk meninggalkan pantai ini. Karena kunjungan ke Penangkaran Buaya Teritip udah gue urungkan, maka gue pun meminta si bapak untuk mengantarkan gue kembali ke penginapan.

Sekitar jam 13.00 WITA gue pun udah sampai di penginapan. Alih-alih makan siang lalu check out, gue pun memilih extend sampai jam 19.00 WITA biar gue bisa istirahat sebentar, lalu nanti sore ke Bandar Balikpapan buat makan sambil hunting sunset. Bandar Balikpapan terletak di dalam Pasar Klandasan, tepatnya di bagian paling belakang (dalam). Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Balikpapan. Menu yang tersedia pun cukup beragam namun sayang gue ga nemuin makanan khas Balikpapan. Gue pun ga sempat foto-foto suasana sore itu di Bandar Balikpapan. Tapi untungnya, sunset hari ini indah banget, mungkin sunset terindah selama gue di Kalimantan.

Puas menikmati sunset, gue pun langsung balik ke penginapan buat packing soalnya jam 19.00 WITA nanti gue bakal dijemput sama travel Balikpapan РSangatta (Kutai Timur). Mau ngapain ke Sangatta? Tunggu kelanjutan ceritanya.

Share

Tinggalkan Komentar


Situs web ini menggunakan Akismet untuk menghalau spam. Klik di sini untuk melihat kebijakan privasinya.


Avatar

Susan

2 tahun yang lalu

Kalau pantai manggar nya untuk 17 agustus 2018 tutup gak yah?

Avatar

Rachimsyah

4 tahun yang lalu

Im like’

Avatar

Rachimsyah

4 tahun yang lalu

Im like

Di @TravellersID Anda bisa membeli stok foto dan stok video berlisensi bebas royalti; cari, bandingkan, dan memesan tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil murah di seluruh dunia; atau menggunakan jasa kami dalam bidang content marketing dan pembuatan video.