Jelajahi Pesona Nusa Tenggara Barat

Lombok, Sumbawa, Sumba, Gunung Rinjani, GIli Trawangan, dll.

Tentang Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Sesuai dengan namanya, provinsi ini meliputi bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa yang terletak di timur. Ibu kota provinsi ini adalahKota Mataram yang berada di Pulau Lombok.

Alfred Russell Wallace pada abad ke-19 menandai wilayah transisi flora fauna yang ada di Barat dan Timur Indonesia dengan nama Garis Wallace. Garis ini berperan sebagai batas Barat Nusa Tenggara Barat yang meliputi Pulau Lombok dan Sumbawa. Di bagian Utara Nusa Tenggara Barat wilayahnya  bergunung-gunung dan dipenuhi oleh pepohonan tinggi yang lebat dan semak-semak. Sedangkan di bagian selatan, wilayahnya gersang dan dipenuhi oleh padang rumput. Nusa Tenggara Barat tidak memiliki hewan mamalia Asia, tapi memiliki hewan berkantung, kadal, burung kakatua dan nuri. Perbedaan tersebut menjadi lebih nyata di bagian lebih Timur, dimana musim kemaraunya lebih panjang, sagu dan jagung menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Barat dan bukan beras.

Suku Sasak adalah sukubangsa yang mendiami pulau Lombok dan menggunakan bahasa Sasak. Sebagian besar suku Sasak beragama Islam, uniknya pada sebagian kecil masyarakat suku Sasak, terdapat praktik agama Islam yang agak berbeda dengan Islam pada umumnya yakni IslamWetu Telu, namun hanya berjumlah sekitar 1% yang melakukan praktek ibadah seperti itu. Ada pula sedikit warga suku Sasak yang menganut kepercayaan pra-Islam yang disebut dengan nama “sasak Boda”.

Peta Bali dan Nusa Tenggara

Suku Bima atau Dou Mbojo adalah suku yang mendiami Kabupaten Bima dan Kota Bima dan telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Suku ini menggunakan Bahasa Bima atau Nggahi Mbojo. Menurut sejarahnya-, suku Bima mempunyai 7 pemimpin di setiap daerah yang disebut Ncuhi. Pada masa pemberontakan di Majapahit, salah satu dari Pandawa Lima, Bima, melarikan diri ke Bima melalui jalur selatan agar tidak ketahuan oleh para pemberontak dan langsung diangkat oleh para Ncuhi sebagai Raja Bima pertama. Namun Sang Bima langsung mengangkat anaknya sebagai raja dan beliau kembali lagi ke Jawa dan menyuruh 2 anaknya untuk memerintah di Kerajaan Bima. Oleh karena itu, sebagian bahasa Jawa Kuna kadang-kadang masih digunakan sebagai bahasa halus di Bima.

Anda dapat menemukan seafood dengan mudah di Nusa Tenggara Barat begitu juga makanan barat banyak terdapat di sini. Makanan Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok (Sasak) biasanya makanan pedas. Ikan air tawar juga merupakan salah satu makanan favorit di sini, cobalah gurame asam manis ketika Anda berjalan-jalan di sekitar tempat ini. Salah satu makanan yang wajib dicicipi ialah ayam taliwang, plecing kangkung dan juga sambal beberuk yang sangat pedas terbuat dari cabai, tomat dan terung. Meskipun rasanya sangat pedas, namun dapat membuat Anda ketagihan karena rasanya sangat nikmat.

Hotel di Nusa Tenggara Barat

Rencanakan Perjalanan ke Nusa Tenggara Barat

Rental Mobil di Nusa Tenggara Barat

Destinasi Terkait

Di @TravellersID Anda bisa membeli stok foto dan stok video berlisensi bebas royalti; cari, bandingkan, dan memesan tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil murah di seluruh dunia; atau menggunakan jasa kami dalam bidang manajemen media sosial, content writing, dan pembuatan video.