Jelajahi Pesona Kalimantan Utara

Tarakan, Nunukan, Taman Nasional Kayan Mentarang, Curug Semolon, dll.

Tentang Kalimantan Utara

Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia, resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012.

Dalam sejarahnya negeri-negeri di bagian utara pulau Kalimantan, yang meliputi Sarawak, Brunei dan sebagian besar Sabah adalah wilayah mandala Kesultanan Brunei. Sejak masa Hindu hingga terbentuknya Kesultanan Bulungan, wilayah provinsi Kalimantan Utara hinggaKinabatangan di Sabah merupakan wilayah mandala negara Berau yang dinamakan Nagri Marancang, yang berbatasan dengan mandala negara Brunei. Namun belakangan Nagri Marancang menjadi wilayah pengaruh Kesultanan Sulu dan Suku Suluk mulai bermukim di daerah tersebut. Kemudian kolonial Inggris menguasai sebelah utara Nagri Marancang dan Belanda menguasai sebelah selatan Nagri Marancang (sekarang provinsi Kaltara).

Wilayah Kalimantan Utara merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan yang berdiri pada tahun 1731. Raja pertama Kesultanan Bulunganberasal dari Brunei. Daerah Kesultanan Bulungan merupakan bekas daerah milik negara Berau yang melepaskan diri. Sementara itu Kerajaan Berau menurut Hikayat Banjar termasuk dalam pengaruh mandala Kesultanan Banjar sejak zaman dahulu kala, ketika Kesultanan Banjar masih bernama Kerajaan Negara Dipa (masa Hindu). Sampai tahun 1850, Bulungan (Kaltara) masih berada di bawah pengaruh Kesultanan Sulu(bekas negara bawahan Brunei). Namun dalam tahun 1853, Bulungan (Kaltara) sudah dimasukkan dalam wilayah pengaruh Belanda. Berdasarkan perjanjian Kesultanan Banjar dengan VOC Belanda yang dibuat pada tanggal 13 Agustus 1787 dan 4 Mei 1826, maka secara hukum Kesultanan Banjar menjadi daerah protektorat VOC Belanda dan daerah-daerah yang diklaim sebagai vazal Banjar diserahkan sebagai properti VOC Belanda, maka Kompeni membuat batas-batas wilayahnya di Borneo (Kalimantan) berdasarkan batas-batas klaim Kesultanan Banjar yaitu wilayah paling barat adalah negara bagian Sintang dan wilayah paling timur adalah negara bagian Berau (meliputi kesultanan Gunung Tabur,kesultanan Tanjung/Sambaliung, kesultanan Bulungan & distrik Tidung). Berdasarkan peta Hindia Belanda tahun 1878 saat itu menunjukkan posisi perbatasan jauh lebih ke utara dari perbatasan Kaltara-Sabah hari ini, karena mencakupi semua perkampungan Suku Tidung yang ada di wilayah Tawau.

Hotel di Kalimantan Utara

Rencanakan Perjalanan ke Kalimantan Utara

Rental Mobil di Kalimantan Utara

Destinasi Terkait

Di @TravellersID Anda bisa membeli stok foto dan stok video berlisensi bebas royalti; cari, bandingkan, dan memesan tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil murah di seluruh dunia; atau menggunakan jasa kami dalam bidang content marketing dan pembuatan video.