Jelajahi Pesona Wisata Sulawesi Tenggara

Kepulauan Wakatobi, Baubau, Pulau Buton, Kendari, Kolaka, dll.

Tentang Sulawesi Tenggara

Semenanjung Tenggara dan kepulauan Buton dihuni oleh keturunan Toraja dengan pengaruh kuat dari Kerajaan Islam Bone. Sebagian besar orang di Sulawesi ini adalah Muslim. Sebagian besar wilayah daratan Sulawesi Tenggara ditutupi oleh hutan alami, dengan luas perkebunan jati dan kayu ulin, yang digunakan untuk kerajinan lokal dan memberikan kontribusi bagi perekonomian lokal. Bagi mereka yang menyukai petualangan yang menantang dan ekowisata maka datanglah ke Lambusango dan Hutan Lindung Kakenauwe, Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, dan Kepulauan Basilika.

Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi, secara geografis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 02°45′ – 06°15′ Lintang Selatan dan 120°45′ – 124°30′ Bujur Timur serta mempunyai wilayah daratan seluas 38.140 km² (3.814.000 ha) dan perairan (laut) seluas 110.000 km² (11.000.000 ha).

Kerajaan Konawe dari abad ke 10 berada di daerah ini. Tidak lama kemudian bermunculan kerajaan lain seperti Buton, Muna, Kemongga, Tiworo, Kalususu, dan Moronenen. Abad ke 16, Buton mulai menyebarkan agama Islam. Buton mengikuti Trenate menanam dan menjual rempah-rempah. Buton menjadi tempat strategis untuk berdagang membuat Belanda berhasrat menjajah tempat ini juga. Belanda membuat negara boneka dengan nama Laiwoi, meskipun dengan perlawanan dari penduduk setempat. Setelah pendudukan Jepang, Belanda masih ingin merebut daerah ini tetapi penduduk setempat berhasil mempertahankan tanah mereka.

Makanan laut adalah andalan di sini. Jangan terlewat mencoba ikan bakar atau ikan panggang, kecuali jika anda alergi maka sebaiknya dihindari. Pisang epe dan pisang hijau yang terbuat dari pisang harus juga Anda coba. Makanan di sini rasanya agak pedas. Anda harus mencoba Sinonggi, bubur sagu disajikan dengan kerang dan sup ikan. Pokea atau kima skewered dengan saus kacang juga enak, disajikan dengan nasi ketan panggang dan beberapa jenis lontong dibungkus daun pisang. Untuk souvenir dan makanan ringan Anda harus mencoba bagea, kue yang didominasi rasa jahe, dan jambu mete, enak dimakan dengan teh atau kopi.

Hotel di Sulawesi Tenggara

Rencanakan Perjalanan ke Sulawesi Tenggara

Rental Mobil di Sulawesi Tenggara

Destinasi Terkait

Di @TravellersID Anda bisa membeli stok foto dan stok video berlisensi bebas royalti; cari, bandingkan, dan memesan tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil murah di seluruh dunia; atau menggunakan jasa kami dalam bidang content marketing dan pembuatan video.